Penat di Kota? Coba Lokasi Wisata Alam di Jawa Barat Ini

Jumlah wisata alam di Jawa Barat tidak sedikit. Tempat-tempat ini bisa menjadi lokasi berteduh dari hiru- pikuk kehidupan kota. Tak ada salahnya sesekali kembali ke alam semesta, melihat pemandangan hijau atau birunya laut, dan berhenti sejenak dari segala kesibukan.

Wisata Alam di Jawa Barat yang Sejuk dan Tenang

Di bawah ini adalah delapan tempat rekomendasi wisata alam di Jawa Barat yang bisa dikunjungi.

1. Tebing Citatah, Padalarang

Berjarak 5 km dari Tol Padalarang adalah 3 tebing tinggi Citatah yang bisa dipanjat. Anda bisa coba memanjat Tebing Citatah 48 yang memiliki tinggi antara 40-50 meter dan bila berhasil, Anda akan melihat Monumen Belati milik Kopassus, sedangkan Tebing Citatah 90 dan Citatah 125 hanya untuk pemanjat profesional.

2. Pulau Biawak, Indramayu

Pulau Biawak, seperti namanya, adalah habitat alami satwa biawak. Tempat wisata satu ini mirip seperti Pulau Komodo, penuh dengan kadal raksasa, meskipun tentunya biawak tidak sebesar komodo.

Pulau milik pemerintah ini awalnya ditutup untuk umum karena adalah tempat penelitian. Sekarang selain melihat biawak, Anda juga bisa naik ke mercusuar dan snorkeling. Ingat untuk tetap berhati-hati dengan serangan biawak.

3. Gunung Papandayan, Garut

Berlibur ke objek wisata alam tak lengkap tanpa naik ke gunung. Gunung Papandayan ramah untuk pendaki pemula, cukup dua jam saja, Anda bisa mencapai area perkemahannya.

Kemudian Anda bisa berjalan ke Tegal Alun tempat padang bunga edelweiss terluas di Jawa Barat atau ke Hutan Mati melihat sisa pepohonan kering akibat letusan gunung berapi.

4. Danau Kawah Gunung Galunggung, Tasikmalaya

Akibat letusan gunung tahun 1982 serta kumpulan air tanah dan hujan, sebuah danau terbentuk di dasar kawah. Setelah memarkir kendaraan, ada 620 anak tangga yang harus didaki untuk melihat danau hijau yang dikelilingi abu vulkanis cokelat.

Dari sini, Anda juga bisa menyaksikan pemandangan Kota Tasikmalaya dari kejauhan. Bila lelah dan lapar, ada warung-warung kecil di sana untuk menikmati semangkuk mie atau secangkir kopi.

5. Gua Buniayu, Sukabumi

Tempat wisata alam di Jawa Barat satu ini berjarak 45 menit dari Kota Sukabumi. Ada tiga gua di sana dengan tingkat kesulitan masing-masing. Hanya ada dua yang dibuka untuk umum, satu lagi diperuntukkan bagi profesional.

Gua yang sudah dibuka sejak tahun 1992 ini terkenal dengan kegelapan, ornamen geologis, fosil batu, dan ada sungai bawah tanah, air terjun, bahkan danau di tempat yang lebih dalam.

6. Situ Patengan

Situ Patengan terletak di Bandung Selatan, dikenal juga dengan nama Situ Patenggang. Di sini ada pemandangan danau yang luas dan udara yang sejuk.

Luas wisata alam di Jawa Barat ini mencapai 45.000 hektare dan ketinggian di sana mencapai 1.600 mdpl. Anda juga bisa naik perahu mengelilingi situ dan mengunjungi Batu Cinta di Pulau Asmara.

7. Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Taman nasional satu ini memiliki luas 113.357 hektare mencakup 3 kabupaten dan 2 provinsi, antara lain Bogor dan Sukabumi di Jawa Barat serta Lebak, Banten. Tak heran, pos wisata di dalamnya juga banyak, seperti gunung, curug, kebun teh, stasiun penelitian, desa adat, dan lain-lain.

Bila takut lelah, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil bogor dengan supir. Jadi, Andaakan tetap segar dan fit ketika menjelajah objek wisata ini. Jangan lupa untuk mencari tempat rental yang terpercaya dan supir yang bisa diandalkan agar liburan berjalan sesuai rencana.

Ketika mengunjungi objek-objek wisata alam di Jawa Barat tersebut, sempatkan untuk menikmati aneka kuliner Sunda yang serba nikmat. Yang tak kalah penting, jangan lupa untuk mengabadikan momen liburan seru Anda.