Panduan Jalur Pendakian Gunung Prau via Dieng

Gunung Prau terletak di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Dengan ketinggian 2.565 mdpl, ada empat jalur pendakian di Gunung Prau. Keempat jalur itu adalah via Dieng, Wates, Kalilembu, dan Patak Banteng.

Akibat pandemi, saat ini hanya jalur Wates dan Dieng yang terbuka. Berikut adalah panduan lengkap mendaki di Jalur Pendakian Gunung Prau via Dieng.

Kondisi Mendaki di Jalur Pendakian Gunung Prau via Dieng

Pendakian dimulai dari basecamp Desa Dieng Kulom, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Anda akan melewati Pos1 Gemekan, Tugu Perbatasan Wonosobo-Bantang, dan satu pemancar sebelum mencapai camp area. Anda juga harus membawa banyak persediaan air karena tidak ada mata air di jalur ini.

Waktu tempuh pendakian sekitar 2,5 hingga 3 jam. Jalur ini penuh dengan pemandangan indah Dataran Tinggi Dieng, Gunung Sumbing, dan Sindoro. Jalan jalur terhitung landai, aman untuk pendaki, tetapi harus berhati-hati licin. Untuk mendaki, Anda harus membayar registrasi sebesar Rp25.000,00 per orang.

Syarat Mendaki Selama Pandemi

Selama pandemi, Anda butuh menyiapkan surat keterangan sehat, fotokopi KTP, serta membawa masker dan hand sanitizer. Satu hari hanya 200 orang yang boleh mendaki dan kapasitas tenda yang boleh dipakai sekitar 50 persen. Ingat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga jarak fisik minimal 1 meter.