Normalkah, Saat Usia Hamil 40 Minggu Janin Masih Aktif Bergerak

Saat memasuki masa kehamilan 9 bulan umumnya hal itu dapat membuat seorang ibu hamil lebih merasa tenang. Dikarenakan pada masa ini ibu dapat melahirkan kapan saja dan tak lupa perlu adanya berbagai persiapan. Mulai dari proses kehamilan caesar atau normal, yang mana hal tersebut ditentukan oleh kondisi ibu dan bayinya. Tak jarang ada kondisi dimana janin telah berusia 9 bulan namun masih aktif bergerak.

Bayi Aktif Bergerak Walau Sudah 9 Bulan

Keadaan seperti itu banyak menimbulkan pertanyaan dan ketakutan. Umumnya, saat hamil 40 minggu janin masih aktif bergerak ukuran bayi dan berat badannya akan normal saat dilahirkan. Namun, untuk perkembangan bayi itu sendiri berbeda-beda. Termasuk dalam faktor pergerakan bayi di dalam kandungan. Kebanyakan bayi yang masih aktif bisa saja memiliki kondisi yang sangat sehat dan tidak ada masalah.

Namun, terkadang juga perlu ditakutkan sebab dapat menimbulkan janin yang terlilit oleh tali pusat. Sehingga ada hal yang jadi normal atau tidak normal dalam kondisi seperti ini. Sebenarnya saat memasuki usia kehamilan 40 minggu dan sang bayi masih aktif bergerak itu merupakan hal yang sangat normal. Selama kondisi calon bayi masih kuat dan sehat-sehat saja.

Itulah penjelasan seputar keadaan bayi yang masih aktif bergerak ketika memasuki usia kehamilan 40 minggu. Yang mana kondisi seperti ini merupakan hal yang normal, sehingga tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Hanya saja ibu hamil harus tetap waspada, dikarenakan ada beberapa kemungkinan buruk yang terjadi. Ibu hamil hanya perlu melakukan perawatan terbaik seperti tes kesehatan dan pemeriksaan posisi bayi.