Kuliner Khas Jember yang Cocok Buat Oleh-Oleh

Jember memiliki banyak destinasi wisata baik alam atau buatan yang bisa dikunjungi. Ketika berlibur di kota karnaval ini tentu sayang bila belum mencicipi makanan khasnya. Ada berbagai rekomendasi tempat wisata kuliner yang bisa anda jelajahi. Bahkan ada yang bisa dijadikan buah tangan. Simak deretan kuliner khas Jember berikut ini.

Rekomendasi Buah Tangan dari Kota Jember

  1. Prol Tape

Makanan ini terbuat dari tape yang diproduksi sendiri oleh masyarakat Jember. Bahannya berupa tape singkong, margarin, telur, susu, dan tepung terigu. Paduan rasa manis, gurih, dan asam menjadi favorit para wisatawan. Tersaji dalam berbagai rasa mulai kismis, keju, original, dan coklat.

  1. Suwar Suwir

Bahan utamanya sama seperti Prol Tape, tetapi sudah diproses dengan cara khusus dan tampilannya agak keras. Proses pembuatannya yaitu tape singkong lalu dicampur dengan gula. Dilihat sekilas mirip dodol tapi tidak lembek, serta tersedia dalam berbagai rasa. Salah satu rasa paling legendaris ialah rasa sirsak.

  1. Jenang Waluh

Oleh-oleh asli Jember ini terbuat dari labu kuning, bila dalam bahasa Jawa disebut waluh. Bahan pokok tersebut diolah bersama ketan dan dicampur kelapa tua. Kemudian diaduk rata sampai mengental, baru taburi wijen di atasnya. Rasanya legit dan cocok untuk buah tangan setelah liburan.

Berkunjung ke Jember rugi kalau belum berwisata kuliner. Jadi anda perlu mencicipi berbagai masakan khas yang telah disediakan. Ada beberapa kuliner yang bisa anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Rata-rata harganya terjangkau sehingga anda boleh memborongnya.