Asal Usul Suku Dayak

Suku dayak adalah salah satu suku di Indonesia yang menempati daerah di pulau Kalimantan, suku dayak merupakan suku asli Kalimantan. Nenek moyang suku dayak dipercaya berasal dari yunan, tepatnya salah satu provinsi di china selatan yang berada di pinggiran sungai yangtse kiang, sungai Mekong dan sungai menan.

Mereka bermigrasi ke pulau Kalimantan melalui jalur selatan yakni melewati Malaysia dan kemudian sampailah ke daratan utara di pulau Kalimantan dan menempati pulau Kalimantan hingga saat ini. suku dayak dikenal sebagai salah satu suku di Indonesia yang memiliki banyak keanekaragaman budaya dan adat istiadat. Banyak upacara-upacara adat yang di adakan oleh suku dayak dengan iringan tari-tarian khas suku dayak dan iringan musik khasnya.

Sampai saat ini, suku dayak menempati suku terbanyak yang menempati daerah di pulau Kalimantan. Hampir setiap provinsi di Kalimantan terdapat suku dayak, hal ini dikarenakan suku dayak merupakan suku yang mendominasi di pulau Kalimantan sejak jaman dahulu.

Suku dayak memiliki kebudayaan yang unik dan beragam, sehingga kebudayaan dari suku dayak ini juga menjadi daya tarik tersendiri terutama untuk daya tarik wisata. Banyak wisatawan yang datang ke pulau Kalimantan untuk menyaksikan acara-acara adat maupun upacara tradisional khas suku dayak ketika ada moment-moment tertentu di sana.